KARATE kini hadir di SMAN 1 Ciwaru

SISWI-SISWI SMAN 1 CIWARU YANG TERMASUK ANGGOTA EKSKUL KARATE TAMPIL PERDANA PADA PELEPASAN SISWA XII SMAN 1 CIWARU

 
Ada sesuatu yang berbeda dalam acara Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ciwaru Tahun Ajaran 2011-2012, Sabtu 28/04/2012. Tidak hanya ditampilkan acara seni budaya, namun juga ditampilkan kegiatan di bidang olah raga, khususnya cabang olah raga KARATE. Walaupun, cabang olah raga karate ini baru berjalan 4 bulan mengisi kegiatan ekstra kulikuler di lingkungan SMAN 1 Ciwaru, namun para anggotanya yang keseluruhanya berjenis kelamin perempuan, mampu menunjukkan kemampuan teknik beladiri dihadapan Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite Sekolah, Camat Ciwaru, Unsur Muspika, Tokoh Masyarakat, Orang Tua/ Wali murid dan seluruh Civitas Akademika SMAN 1 Ciwaru serta para Undangan lainnya.
Tim demontrasi karate, asuhan kang Gugun Abah (Alumni SMAN 1 Ciwaru/ Mahasiswa Uniku), mampu menampilkan gerakan KIHON tangan maupun kaki, Ippon Kumite dan KATA dengan baik, dikomando oleh teh Eva “Eboo”. Tidak hanya, kang Yudi Nugraha (Ketua BKC Kuningan) saja, seluruh hadirin dan tamu undanganpun terkaget-kaget dengan tampilan kemampuan mereka (teh Eva, Wieke, Susi dkk).
Dalam sambutan pelepasannya Kepala SMAN 1 Ciwaru, H. Mas’ud, M.MPd, selain secara resmi melepas siswa kelas XII yang telah mengikuti UN, juga mengekspos berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapai Civitas Akademika SMAN 1 Ciwaru, yang pada tahun ini telah genap berusia 18 tahun. Dan yang menjadi kejutan bagi BKC, Kepala sekolah melalui pembina OSIS (pak Nana) meminta Ketua BKC Kuningan untuk tampil di podium guna menjelaskan “Selayang Pandang BKC”.
Dijelaskan Yudi, bahwa BKC merupakan salah satu perguruan karate anggota FORKI yang berdiri tanggal 16 Juni 1966 di Bandung. Pendirinya adalah kang Iwa Rahadian Arsanata, sekarang menjabat Ketua Dewan Guru. BKC hadir di Kuningan, sejak tahun 1993 dengan Dojo pertama di Balai Desa Selajambe, dan sekarang telah berkembang pesat di sekolah/ universitas (SMAN Jalaksana, SMK BHK, SIT Al-Multazam Khusnul Khotimah, SMPN/ SMAN Luragung, UNIKU, STIKKU), Balai Desa Jalaksana, Balai Desa Cijemit – Ciniru dan juga dojo FIF khusus bagi Karyawan PT. Federal Internasional Finance.
Setiap anggota BKC diarahkan untuk senantiasa mematuhi Panca Dharma Kshatrya BKC, yang diucapkan dalam awal/ akhir latihan, yaitu : mempertinggi Kejujuran, mempertahankan Kebenaran, mempertinggi Prestasi, menguasai diri dan menjaga Nama Baik. Lebih lanjut, setiap anggota BKC mempunyai kewajiban yang dikemas dengan sesanti perguruan TRI RATNA EKA DHARMA, yaitu untuk terus memelihara tali silaturahmi, menjaga persaudaraan/ kekeluargaan dan menjadi TELADAN (di rumah menjadi anak kesayangan, di sekolah menjadi bintang-nya dan di masyarakat menjadi panutan). Dalam akhir penyampaiannya, Yudi berharap kegiatan Karate lebih berkembang di Kecamatan Ciwaru, khususnya di SMAN 1 Ciwaru, dengan visi/ misi dan tujuan sebagaimana dijelaskan diatas, BKC tidak mendidik anggotanya untuk menjadi seorang preman, namun membentuk SDM potensial yang handal dan berkarakter, istilah Sunda-nya “JADI JALMA NU MASAGI”, dan semoga BKC menjadi jembatan emas guna meraih masa depan yang cemerlang.
Iklan

Tentang sman1ciwaru

Sebuah sekolah menengah atas yang berada di suatu pelosok
Pos ini dipublikasikan di Informasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s